Tuesday, December 29, 2015

Mahasiswa IPB Ciptakan Donat dari Labu Kuning dan Ekstrak Kulit Pisang

Donut Labu Kuning dan Kulit Pisang IPB
Proses Pembuatan Donut Labu Kuning dan Kulit Pisang

Labu kuning (Cucurbita moschata Durch) merupakan salah satu bahan pangan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Buahnya besar dengan warna yang bervariasi, mulai hijau hingga kuning pucat. Masyarakat biasanya memanfaatkan labu kuning sebagai bahan campuran sayur, kolak, kue talam, dodol, ataupun cake.

Kandungan gizi labu kuning sangat tinggi, antara lain karbohidrat, protein, mineral penting seperti fosfor, zat besi, kalsium, beberapa vitamin seperti vitamin B dan vitamin C, serta kandungan betakaroten dan provitamin A yang amat tinggi. 

Akan tetapi, selama ini masyarakat kurang mengembangkan pemanfaatan labu kuning secara maksimal sehingga labu kuning terkesan menjadi produk sampingan yang tak bernilai. Pemanfaatan labu kuning belum dilakukan secara komersial dan menjadikannya salah satu produk unggulan yang digemari masyarakat.

Di tangan tiga mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), yakni Akhdan Rafif, Oki Setiawan dan Rahmat Junedi, labu kuning disulap menjadi kue donat yang diberi varian rasa toping ekstrak kulit pisang, dikemas menarik dan dijadikan sebagai diversifikasi pangan lokal.

“Slogan Donat Drakula adalah ‘Makan donat Drakula sebagai Wujud Diversifikasi Pangan Lokal’. Ini berarti menunjukkan wujud cinta pangan lokal, sebab membantu pengurangan donat impor yang sudah merajai pasar Indonesia,” ujar Akhdan.

Keunggulan produk Donat Drakula adalah varian rasa toping (vanila, coklat dan strawbery) yang dikombinasi dengan ekstrak kulit pisang. Harganya relatif terjangkau karena sumber bahan bakunya melimpah.

“Variasi rasa toping seperti ekstrak kulit pisang dilakukan sebagai pemanfaatan limbah kulit pisang agar optimal,” imbuhnya.

Kulit pisang banyak mengandung karbohidrat, air, vitamin C, kalium, lutein, antioksidan, kalsium, vitamin B, lemak, protein, minyak nabati, serat, serotin dan serotonin. 

Beberapa kandungan zat gizi yang terkandung dalam kulit pisang tersebut ternyata mengandung manfaat bagi manusia, diantaranya kandungan serotonin dapat menambah mood, karena zat ini mempengaruhi rasa bahagia dalam tubuh manusia; minyak nabati dapat meredakan rasa nyeri pada tubuh; antioksidan dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh; dan kandungan vitamin serta mineralnya juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia.

“Selain untuk mendukung program pemerintah terkait diversifikasi pangan lokal dan upaya ketahanan pangan, labu kuning sudah seharusnya diolah menjadi suatu produk inovatif dan bernilai ekonomi tinggi. Citra labu kuning sebagai sayuran yang murah dan biasa saja harus diubah menjadi sayur bergizi tinggi dan disukai berbagai kalangan,” tandasnya.

Donat Drakula sudah mendapatkan label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) sehingga cocok dengan Indonesia yang mayoritas masyarakatnya merupakan muslim dan harga yang terjangkau mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi semua kalangan yaitu 35 ribu per kotak dengan isi 10 donat.(zul)

No comments:

Post a Comment